Thursday, December 6, 2018

CONTOH SURAT JUAL BELI RUMAH

CONTOH SURAT JUAL BELI RUMAH


Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah. Surat perjanjian dalam suatu transaksi merupakan halan yang sangat penting dibuat dengan tujuan untuk menghindari hal-hal atau permasalahan yang mungkin timbul dikemudian hari serta untuk kebaikan bersama kedua belah pihak (penjual dan pembeli). Bagi anda yang sedang melakukan transaksi jual beli rumah, berikut ini contoh surat perjanjian jual beli rumah yang dapat anda jadikan acuan dalam membuat surat perjanjian jual beli rumah. Sebelum membeli rumah sebaiknya anda memeperhatikan beberapa hal antara lain: rumah harus memiliki kelengkapan surat-surat rumah, sertifikat tanah, bukti laporan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) 5 tahun ke belakang serta kelengkapan penting lainnya. Selain itu anda juga harus mempersiapakan Surat perjanjian jual beli rumah yang mungkin berguna sebagai perlindungan hukum bagi kedua belah pihak jika dikemudian hari jika terjadi permasalahan atau perselisihan agar dapat dijadikan alat bukti.
Surat Jual Beli Rumah
Berikut ini salah satu contoh surat perjanjian jual beli rumah yang dapat Anda jadikan sebagai acuan dalam pembuatan surat perjanjian:

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH


Pada hari ini, Jumat, tanggal 05, bulan Oktober, tahun 2018, kami yang bertanda tangan dibawah ini :

N a m a         : Bambang
Umur             : 38 Tahun
Pekerjaan      : Karyawan
Alamat           : Jl. Mawar No. 5B RT. 002 RW. 006, Klaten, Jakarta Tengah

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA ( Penjual )

N a m a          : Gunawan
Umur              : 41 Tahun
Pekerjaan       : PNS
Alamat            : Jl. Pojok Alastua No. 15 A, RT, 03 RW. 07 Kemayoran Jakarta Pusat

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA ( Pembeli )

Kedua belah pihak yang bersangkutan diatas dengan ini menyatakan bahwa PIHAK PERTAMA menjual kepada PIHAK KEDUA berupa bangunan rumah dan tanah seluas 450 m² (empat ratus lima puluh meter persegi) yang berdiri diatas Sertifikat Hak Milik No. 0130456899/2345, yang terletak di Jl. Mawar No. 5B RT. 002 RW. 006, Klaten, Jakarta Tengah. Kedua belah pihak sepakat untuk mengikatkan diri dalam perjanjian ini dengan ketentuan sebagai berikut :

Pasal 1
1. Perjanjian jual beli ini akan berlaku selama 20 hari setelah ditandatanganinya surat perjanjian ini dan akan berakhir setelah rumah berpindah status kepemilikannya kepada pembeli yang baru.
2. Segala kondisi yang ada pada rumah ini akan menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA berhak melakukan renovasi terhadap rumah tersebut.

Pasal 2
1. Bangunan tanah seluas 450 m² (empat ratus lima puluh meter persegi) tersebut dijual dengan harga Rp.2.500.000.000,- ( dua milyar lima ratus juta rupiah).
2. PIHAK KEDUA telah menyerahkan uang sebesar Rp.2.500.000.000,- (dua milyar lima ratus juta rupiah) sebagai pembayaran pembelian rumah secara tunai pada saat ditandatanganinya surat ini.

Pasal 3
1. Segala ketentuan yang belum diatur dalam perjanjian ini akan diatur selanjutnya dalam addendum/amandemen yang merupakan bagian tak terpisahkan dari perjanjian ini dan akan diputuskan secara bersama.
2. Apabila kelak terjadi perselisihan atas sebidang tanah dan rumah tersebut, maka kedua belah pihak berjanji akan menyelesaikannya secara musyawarah dan kekeluargaan.
3. Dan apabila penyelesaian secara musyawarah dan kekeluargaan tidak berhasil, maka kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikannya di muka pengadilan.

Demikian surat perjanjian ini disetujui dan dibuat serta ditandatangani oleh kedua belah pihak dengan dihadiri saksi-saksi yang dikenal oleh kedua belah pihak tanpa adanya tekanan atau paksaan dari pihak manapun. Surat perjanjian ini dibuat dalam rangkap dua dan bermaterai cukup yang masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama.


            Pihak Pertama                                                                                    Pihak Kedua



         Bambang                                                                                               Gunawan


Saksi-saksi :

1. Bapak Tarjuki   .............................

2. Bapak Eman   .............................

3. Bapak Samingun   ..............................

Itulah Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah yang dapat Anda jadikan acuan dalam menyusun surat jual beli rumah,  silahkan anda rubah sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga dapat bermanfaat.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 BELAJAR BISNIS | All Right Reserved